E-RAPOR SMK VERSI 4.1.0 (DIRILIS NOVEMBER 2018)

dikembangkan mengacu pada revisi panduan penilaian pada SMK yang menitikberatkan pada pene E-RAPOR SMK VERSI 4.1.0 (DIRILIS NOVEMBER 2018)

Aplikasi e-Rapor SMK versi 4.1.0 dikembangkan mengacu pada revisi panduan penilaian pada SMK yang menitikberatkan pada penerapan standar penilaian terkini/termutakhir dan berprinsip untuk mengurangi beban guru, serta semakin tingginya tuntutan akan aktivitas penilaian yang akuntabel, reliabel, dan mampu mengukur ketercapaian kompetensi siswa yang bermuara pada peningkatan tingkat kebekerjaan.

Aplikasi  e-Rapor SMK versi 4.1.0 adalah  perangkat  lunak berbasis  web  untuk  mempermudah  pendidik  dan  satuan  pendidikan mengimplementasikan Permendikbud tentang Penilaian oleh Pendidik dan Panduan Penilaian untuk SMK. Tujuan akhirnya tidak lain adalah untuk  mempermudah dalam  menyusun  laporan  hasil  penilaian  peserta  didik berupa laporan per penilaian, laporan pencapaian kompetensi, rapor, dan legger.

Direktorat Pembinaan SMK telah merilis aplikasi pengelolaan penilaian berbasis web, e-Rapor versi 4.1.0. Aplikasi e-Rapor versi 4.1.0 ini merupakan buah kerja keras dari warga SMK yang menginginkan aktivitas penilaian yang lebih termudahkan namun tidak menyalahi standar penilaian dan mampu mengukur ketercapaian kompetensi siswa. Selain itu aplikasi e-Rapor sebagaimana aplikasi lain yang dikembangkan oleh Direktorat Pembinaan SMK telah terintegrasi dengan serta bertujuan untuk memperbaiki mutu data Dapodikdasmen. Akan tetapi aplikasi e-Rapor versi 4.1.0 juga tidak perlu diinstal pada komputer/server yang sama dengan Dapodikdasmen sekolah (bahkan dapat diinstal pada server berbasis Linux), sehingga dapat membagi beban server dan konsentrasi operator Dapodikdasmen sekolah.

Pada aplikasi Rapor SMK versi4.1.0 terdapat 6 tingkatan pengguna yaitu Administrator, Tata Usaha, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Wali Kelas, Guru,  danpeserta  didik/Orang  tuapeserta  didik.  Untuk  guru  dapat  memiliki status sebagai wali kelas, dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum.

1. Administrator/Tata Usaha
Administrator/Tata Usaha adalah entitas yang bertugas dan bertanggung jawab atas semua ketersediaan, validitas dan reabilitas sistem mencakup semua  fungsi  kerja  sistem  baik  perangkat  keras,  perangkat  lunak  dan pengguna lainnya. Selain dari itu menyiapkan dan sumber data termasuk referensi basis data master seperti guru,peserta didik, mata pelajaran, rombongan  belajar,  profil  sekolah,  kop  surat,  kompetensi  keahlian, pembelajaran,  ekstrakurikuler,  teknik  penilaian  dan  sikap  untuk kebutuhan transaksi penilaian dan pelaporan dalam aplikasi.

2. Guru Mata Pelajaran
Guru  mata  pelajaran  memiliki  peranan  sebagai  perencana  penilaian dalam  aplikasi  yang  menentukan  aktivitas  penilaian  seperti  Penilaian Harian,  PTS,  PAS  dan  lainnya  baik  aspek  pengetahuan  maupun keterampilan  dengan  teknik  penilaian  dan Kompetensi  Dasar  yang disediakan  langsung  atau  ditambahkan  sesuai  kebutuhan.  Perencanaan tersebut  dilakukan  penilaian  sebagai  mana  mestinya  berdasarkan perencanaan yang telah dibuat.

3. Wali Kelas
Wali Kelas menginput absensi,  ekstrakurikuler sikap, prestasi,PPK dan pencetakan rapor

4. Wakasek Bidang Kurikulum
Wakasek Bidang  Kurikulum  melakukan  monitoring dan  memvalidasi seluruh aktivitas penilaian agar sesuai dengan kaidah-kaidah penilaian.

5. Peserta Didik
Peserta  didik  melihat  perkembangan  hasil  penilaian  dari Satuan Pendidikan  sebagai  hasil  proses  pembelajaran  yang  dilakukan  dalam kurun satu semester aktif.

Selengkapnya silahkan download Panduan Aplikasi  e-Rapor SMK versi 4.1.0 dan Master Aplikasi  e-Rapor SMK versi 4.1.0

Link Download Panduan Aplikasi e-Rapor  SMK versi 4.1.0  DI SINI


Untuk pertanyaan yang bersifat teknis dapat melalui aplikasi WhatsApp di nomor berikut

1. Helpdesk 1 (08156441864)
2. Helpdesk 2 (081229997730)
3. Helpdesk 3 (082113057512)
4. Helpdesk 4 (082174508706)
5. Helpdesk 5 (082134924288)
6. Helpdesk 6 (08174144627)

Demikian informasi tentang Aplikasi  e-Rapor SMK versi 4.1.0 dan  Panduan Aplikasi e-Rapor  SMK versi 4.1.0  Semoga bermanfaat, terima kasih.




= Baca Juga =




Sumber https://ainamulyana.blogspot.com/

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "E-RAPOR SMK VERSI 4.1.0 (DIRILIS NOVEMBER 2018)"

Posting Komentar