LATIHAN ONLINE SOAL UN UNBK USBN BAHASA INDONESIA SMP MTS TAHUN 2019 (VERSI 2)

Latihan Online Soal UN UNBK USBN Bahasa Indonesia SMP MTS Tahun 2019


Latihan Online Soal UN UNBK USBN Bahasa Indonesia SMP MTS Tahun  LATIHAN ONLINE SOAL UN UNBK USBN BAHASA INDONESIA SMP MTS TAHUN 2019 (VERSI 2)

Berikut Contoh Latihan Online Soal UN UNBK USBN Bahasa Indonesia SMP MTS  Tahun 2019 (Tahun Pejaran 2018/2019)Desain soal latihan ini sebagai hasil pelatihan membuat soal Online melalui Blogspot. Mudah-mudahan bisa digunakan untuk sekedar memberikan persiapan berlatih mempelajari Latihan Soal UN UNBK USBN Bahasa Indonesia SMP MTS Tahun 2019 ala games.



DILARANG MENGCOPY

Petunjuk: Klik pada bulatan di depan pilihan jawaban yang menurut anda benar..!!

(1) Waktu tes tulis selama 120 menit;
(2) Pilihlah salah satu jawaban yang dianggap paling benar (masing-masing soal memiliki bobot 1);
(3) Pemeriksaan hasil tes tulis dilakukan melalui sistem komputerisasi; Ketepatan jawaban dapat dilihat langsung pada notifikasi. Selamat mencoba. 



Bacalah kutipan teks berikut untuk menjawab pertanyaan untuk no 1 – 2

Ada beberapa cara yang dilakukan untuk menghemat pengeluaran. Pertama, kita beralih dari kendaraan  mobil  ke  sepeda  motor. Kedua,  memangkas  keperluan  berdasarkan  prioritas. Ketiga,  belanja  sesuai  dengan  daftar  rencana.  Keempat,  harus  pandai  mengendalikan  keinginan berbelanja.

1.  Makna Kata prioritas pada teks tersebut adalah .... 
A. sesuatu yang memiliki manfaat untuk kebutuhan hidup manusia.
B. barang yang memiliki manfaat atau kegunaan lebih tinggi dibandingkan lainnya.
C. sesuatu yang didahulukan dan diutamakan dari pada hal yang yang lain
D. barang yang memiliki manfaat bagi seluruh umat manusia.  

2. Simpulan isi paragraf tersebut adalah… 
A. Kita harus berusaha memiliki uang
B. Kita harus pandai mengatur pengeluaran  
C. Kita membeli perabotan rumah tangga   
D. Kita membeli alat-alat canggih dan mahal  


Bacalah teks berikut kemudian kerjakan soal nomor 3 s.d 5!

(1)Setiap hari, terjadi gempa bumi di permukaan bumi. (2) Menurut survey geologis Amerika, lebih dari tiga juta gempabumi terjadi setiap tahunnya. (3) Berarti, terjadi 8000 gempa setiap hari atau setiap kali 11 menit. (4) Meskipun demikian, tidak semua gempa berefek merusak.

Penyebab gempa bumi bermacam-macam, antara lain akibat gunung meletus, meteor jatuh, ledakan dalam tanah, atau runtuhnya  sebuah struktur (bangunan atau dinding gua). Akan tetapi, gempa bumi yang sering terjadi dan memiliki efek dasyat addlah akibat bergesernya lempengan bumi di dalam tanahr


3. Ide pokok paragraf kedua teks tersebut adalah ... .
A. lempengan  bumi 
B. efek gempa 
C. penyebab gempa 
D. gesernya lempengan 


4. Kalimat utama paragraf pertama teks tersebut ditandai nomor ... 
A. (1) 
B. (2) 
C. (3)  
D. (4)                       

5.  Ringkasan teks tersebut adalah ...
A. Bergesernya lempengan bumi penyebab gempa bumi terdasyat.    
B.  Setiap hari, terjadi gempa bumi dan penyebab terjad i nya gempa
C.  Berdasarkan penelitian, setiap hari, terjadi gempa bumi di bumi
D.  Tidak semua gempa bumi memiliki efek merusak dan merugikan

Latihan Soal UN UNBK USBN Bahasa Indonesia SMP (MTS) Tahun 2019 Petunjuk: Klik pada bulatan di depan pilihan jawaban yang menurut anda benar..!!


6. Perhatikan Kalimat berikut ini !
     (1) Kelompok kami bertugas mengamati kantin.
(2) Di antara makanan itu adalah bakso, bubur, dan berbagai makanan goreng.
(3) Pagi-pagi kami ditugasi guru bahasa Indonesia untuk melakukan pengamatan lingkungan sekolah.
(4) Sungguh pembelajaran yang menyenangkan hari itu.
(5) Hasil identifikasi tersebut kami presentasikan di depan kelompok lain.
(6) Dalam kantin itu kami mengidentifikasi sejumlah makanan yang siap dijual.

Urutan kalimat tersebut yang tepat untuk laporan adalah ...
A. (1), (2), (5), (6), (3), (4)
B. (1), (3), (6), (4), (2), (5)
C. (3), (1), (6), (2), (5), (4)
D.  (3), (1), (2), (4), (6), (5)


Bacalah teks berikut kemudian kerjakan soal nomor 7 s.d 8!




7.  Persamaan isi kedua kutipan berita tersebut adalah… 
A. Pelaku yang menjadi narasumber  
B. Waktu terjadinya peristiwa tersebut   
C. Keberadaan tempat narasumber   
D. Areal parkir yang berubah kegunaan 


8.  Perbedaan cara penyajian kedua berita tersebut adalah…
A. Teks 1 diawali dengan apa; teks 2 diawali dengan siapa 
B.  Teks 1 diawali dengan siapa; teks 2 diawali dengan bagaimana 
C.  Teks 1 diawali dengan bagaimana; teks 2 diawali dengan kapan 
D.  Teks 1 diawali dengan kapan; teks 2 diawali dengan mengapa 


9. Bacalah teks berikut ini !

1) Pendidikan tinggi dituntut untuk bisa menghasilkan lulusan-lulusan  yang inovatif dan mampu memenuhi kebutuhan dunia industri. (2) Dengan begitu, lulusan pendidikan tinggi bisa berkontribusi dalam pembangunan bangsa dan negara. (3) lndonesia saat ini masih sulit bersaing dengan negara Iain karena masih berkutat pada isu kebutuhan dasar, seperti pangan.(4) Selain itu, sejumlah aturan di lndonesia masih menghambat penelitian dan pengembangan teknologi, seperti Undang-undang 13 Tahun 201 6 tentang Paten.



Pendapat yang menyatakan kontra pada teks tersebut ditandai nomor ....
A. (1)
B. (2) 
C. (3)
D. (4) 


10. Bacalah teks berikut ini !

1) Buku ini membahas tentang cara menulis cerpen bagi pemula. (2) Penjelasannya rinci dilengkapi dengan contoh-contoh. 3) Penggunaan bahasa lugas  dan komunikatif. 4) Hanya saja kertas yang digunakan terlalu tipis sehingga tulisannya membayang.


Hal yang menyatakan kelemahan pada teks tersebut ditandai dengan nomor ...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)



Latihan Soal UN UNBK USBN Bahasa Indonesia SMP (MTS) Tahun 2019 Petunjuk: Klik pada bulatan di depan pilihan jawaban yang menurut anda benar..!!

Bacalah Kutipan Cerpen berikut ini, Kemudian jawab pertanyaan nomor 11-13!



11. Latar pada kutipan cerpen tersebut adalah…  
A. Pagi siang hari di rumah.
B. Siang hari di depan rumah 
C. Sore hari di beranda rumah.
D. Sore hari di dalam rumah . 


12.  Bukti yang menunjukkan watak tokoh saya angkuh terdapat pada Paragraf  . 

A. pertama kalimat kedua 
B. pertama kalimat ketiga     
C. keempat kalimat pertama     
D. keempat kalimat ketiga    

13. Cara pengarang menggambarkan watak tokoh saya dalam kutipan cerpen tersebut  adalah…
A. Pelukisan tindakan.
B. Diceritakan tokoh lain
C. Dialog antartokoh 
D. Diceritakan pengarang 


Bacalah kutipan cerita berikut kemudian kerjakan soal nomor 14 s.d. 17!

"Nada, minggu depan kita harus pindah ke Jogjakarta. Ayah dipindahtugaskan di sana".   Bagaikan petir di siang bolong menyambar Nada yang seketika itu langsung  diam mematung.
"Kenapa mendadak, Bunda? Nada senang tinggal di sini. Apa Nada tidak bisa tetap tinggal di sini? Sekolah Nada gimana?" 
"Tidak bisa, Sayang. Kamu mau tinggal sama siapa di sini? Masalah sekolah, semua sudah diurus Ayah. Kamu hanya tinggal mengemasi barang-barangmu." Nada terdiam. Tak mungkin mampu ia membantah.
Minggu depan ia harus meninggalkan tempat ini. Tepat di hari ulang tahun  Dio yang ke-18, Terasa berat untuknya meninggalkan ternpat ini. Terlalu banyak kenangan yang terukir. Semakin terasa berat ketika harus meninggalkan Dio.



14. Makna siang bolong pada kutipan cerita tersebut adalah ...
A. senja hari menjelang matahari terbenam   
B. senja hari saat matahari berada di barat  
C. siang hari saat matahari tertutup mendung
D. tengah hari saat matahari panas-panasnya


15. Nilai moral pada kutipan cerita tersebut adalah . . ..
A. memaafkan teman yang bersalah
B. menuruti kehendak orang tua
C. mengikuti amarah diri sendiri 
D. meminta pertanggungjawaban

16. Penyebab terjadinya konflik pada kutipan cerita tersebut adalah ..
A. Perasaan  berat hati Nada harusmeninggalkan Dio
B. Kepindahan tempat tugas ayah Nada yang mendadak
C. Nada merasa bingung dengan masalah sekolahnya
D. Nada merasa berat meningalkan tinggal yang sekarang

17. Akibat konflik yang terjadi pada kutipan cerita tersebut adalah ...
A. Nada harus segera mengemasi barang-barang miliknya.
B. Nada diam mematung selama satu minggu tanpa berbuat apa pun.
C. Meskipun merasa berat, minggu depan Nada harus ikut pindah ke Yogyakarta 
D. Ayah dan ibu Nada harus mencari tempat tinggal dan sekolah baru untuk Nada.


Bacalah kutipan cerita berikut kemudian kerjakan soal nomor 18 s.d. 19!

18. Perbedaan pola pengembangan kedua kutipan tersebut adalah/diawali dengan ....
A. Kutipan I : pengenalan tokoh, Kutipan II : pengenalan latar
B. Kutipan I : pengenalan latar, Kutipan II : aksi tokoh 
C. Kutipan I : aksi tokoh, Kutipan II: pengenalan tokoh
D. Kutipan I pengenalan tokoh, Kutipan II: aksi tokoh 

19. Perbedaan penggunaan bahasa kedua kutipan cerita tersebut adalah ..... 
A. Kutipan I : narasi, Kutipan II :  tidak terdapat dialog 
B. Kutipan I : terdapat kalimat langsung, Kutipan II : tidak terdapat kalimat langsung
C. Kutipan I terdapat kata sandang, Kutipan II tidak terdapat kata sandang  
D. Kutipan I terdapat dialog, Kutipan II : narasi 

20. Bacalah paragraf berikut !

Minyak bumi adalah sumber energi yang tidak dapat diperbarui. Cadangan minyak bumi Indonesia saat ini hanya 8,4 milyar barel. Dengan laju pengurangan produksi 400 juta barel per tahun, apabila tidak ditemukan cadangan baru, diperkirakan minyak bumi Indonesia hanya tersisa untuk jangka waktu 21 tahun.

Tanggapan logis yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah…
A. Bahan bakar minyak masih tersedia cukup untuk 35 tahun
B. Ketersediaan minyak bumi harus dihemat penggunaannya 
C. Produksi minyak bumi mencapai 500 juta barel per tahun
D. Persediaan minyak bumi Indonesia masih tersedia banyak


Latihan Soal UN UNBK USBN Bahasa Indonesia SMP (MTS) Tahun 2019 Petunjuk: Klik pada bulatan di depan pilihan jawaban yang menurut anda benar..!!

Bacalah kutipan cerita berikut kemudian kerjakan soal nomor 21 s.d .22!

Setelah sampai di taman, Pak Umar melihat seorang gadis kecil. Pak Umar merasa kasihan terhadap  anak tersebut"  Diambilnya beberapa lembar uang dua puluh ribuan Ialu diberikannya kepada gadis kecil itu. "Pak maal saya tidak boleh menerima uang jika tidak bekeryai' katanya sambil menggeleng-gelengkan kepala. "Mengapa?" tanya Pak Umar heran. "Kata lbu, saya boleh menerima uang kalau memang hasil bekerja. Saya tidak boleh meminta belas kasihan dar! ora ng:' Mendengar perkataan gadis itu, Pak Umar makin terharu. la tahu kalau ibu gadis kecil itu seorang yang berbudi luhur.  "Begini saja, kalau memang harus bekerja, sekarang bantu Bapak beserta keluarga. Tolong katnu bawakan rantang ini. Kita akan makan bersama di bawah pohon yang rindang itu!" kata Pak Umar ramah. Pak Umar dan keluarga menuju ke bawah pohon yang rindang tersebut. Mereka pun menggelar tikar plastik yang baru saja disewanya" Gadis kecil itu pun diajakeuntuk makan bersama.



21. Latar tempat pada kutipan cerita tersebut terdapat di ....
A. jalan
B. rumah
C. taman
D. halaman

22. Komentar terhadap bahasa yang digunakan pada kutipan cerita tersebut adalah 
A. Bahasa yang digunakan adalah bahasa sehari-hari dan bermakna lugas  
B. Banyak kiasan yang digunakan dalam cerita membuat bahasa cerita sangat indah 
C. Bahasa yang digunakan membosankan karena banyak kata yang ditulis berulang
D. Terdapat istilah bahasa daerah sehingga menyulitkan pembaca memahami isi cerita

23. Perhatikan pernyataan berikut!
(1)  Tuang ke penumbukan. 
(2)  Tumbuk   hingga halus.
(3)  Ambil daun binahong kira- kira 7 lembar. 
(4)  Balurkan pada bagian organ tubuh yang memar.
(5)  Setelah 3 jam bukalah dan bersihkan dengan sir suam- suam kuku. Maka bagian yang memar telah  hilang.

Susunan  petunjuk menghilangkan  memar pada organ tubuh yang  tepat adalah ….
A. (3) – (1) – (2) – (4) – (5)  
B. (3) – (2) – (1) – (4) – (5)  
C. (3) – (2) – (1) – (5) – (4)
D. (3) – (2) – (5) – (1) – (4) 

24.  Perhatikan Teks Berikut ini
Teks 1
Teks 2
Buku  adalah  jendela  dunia.  Ungkapan  itu  sungguh tepat,  karena melalui  buku  kita  dapat memperoleh segala  informasi.  Berbagai  macam  informasi  ada  di  buku  ,  misalnya  mengenai hobi, sains, penemuan-penemuan hebat dan sejarah dunia.

Belakangan  ini  produksi  buku  bacaan  mulai  beragam  bentuk  dan  isinya.  Tampilan  yang menarik  dan  antraktif  turut    menunjang  keistimewaan  buku.  Namun  lebih  dari  itu, bagaimanapun  bentuk  sebuah  buku tetap  yang  paling  penting  adalah  banyaknya  ilmu pengetahuan yang dapat kita serap.

  
Persamaan kedua teks di atas adalah . . . .
A. Buku adalah sumber pengetahuan. .
B. Ada berbagai macam sampul buku. 
C. Tampilan yang menarik akan membuat buku menarik untuk dibaca. 
D. Buku sebagai penunjang bagi peserta didik. 

25. Bacalah paragraf berikut !

Tentara Nasional Indonesia berulang tahun ke-68 tahun. Dengan usia 68 tahun ini, TNI telah menunjukkan sumbangsihnya menjaga keamanan bangsa dan Negara. Pengabdian TNI terutama  mereka yang bertugas di daerah perbatasan tak perlu diragukan. Tegaknya NKRI  bukti bahwa TNI tetap menjaga keutuhannya.


Tanggapan logis terhadap paragraf tersebut adalah…
A. Tentara Nasional Indonesia senantiasa menjaga keutuhan NKRI.
B.  Ulang tahun TNI memang selalu dilaksanakan.
C. TNI perlu mendapat tambahan pendapatan.
D. Rakyat tidak perlu campur tangan terhadap TNI.
      
Latihan Soal UN  UNBK USBN Bahasa Indonesia SMP (MTS) Tahun 2019 Petunjuk: Klik pada bulatan di depan pilihan jawaban yang menurut anda benar..!!

26. Cermati kalimat berikut!
  
Jumlah penderita kurang gizi di lndonesia [....] penurunan.

Kata bentukan yang tepat kalimat tersebut adalah ....

A. mendadak   
B. mengalami 
C. membuat 
D. menjadi 

27.  Cermati kutipan teks berikut!

Buku Hamengkubuwono lX dan karya K. Tino terbitan Navila ldea ini tergolong buku lengkap.  Isinya tentang Hamengkubuwono lX dan perjuangannya. Buku ini dikemas dengan bahasa yang komunikatif. [...]



Kelemahan buku yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ...


A. Buku yang bermanfaat bagi siswa dan guru
B. Buku patut dimiliki menambah wawasan
C. Buku ini menjelaskan sejarah pahlawan  
D. Sayang penjilidan bukunya mudah lepas.
                                                                        
28. Perhatikan data buku berikut!

Judul buku  : Mengungkap Misteri Otak Tengah.
Penulis   : dr. Arman Yuri Saldi S.
Volume  : 100 halaman 15 bab
Keunggulan  : Isi buku sangat bagus. Membahas tentang otak manusia dari sisi anatomi  sampai membentuk generasi yang cerdas. Pembahasan juga sangat mudah dipahami karena ditunjang dengan gambar.
Kelemahan  : Tidak dilengkapi dengan glosarium.


Paragraf resensi yang tepat adalah… 

A. Mengungkap Misteri Otak Tengah, judul buku ini karya dr. Arman Yuri Saldi S. dengan volume 100 halaman dilengkapi dengan gambar yang sangat berfungsi memperjelas pembahasan yang sudah bagus sangat tepat sebagaimana isi yang dikandungnya. Di mulai dari penjelasan anatomi otak secara menyeluruh sampai pembahasan cara membentuk generasi cerdas dan kreatif.  
B. Mengungkap Misteri Otak Tengah, judul buku ini sangat tepat sebagaimana isi yang dikandungnya dimulai dari penjelasan anatomi otak secara menyeluruh sampai pembahasan cara membentuk generasi cerdas dan kreatif. Buku karya dr. Arman Yuri Saldi S. dengan volume 100 halaman dilengkapi dengan gambar yang sangat berfungsi memperjelas pembahasan yang sudah bagus walau tidak dilengkapi glosarium.
C. Mengungkap Misteri Otak Tengah, judul buku ini karya dr. Arman Yuri Saldi S. dengan volume 100 halaman dilengkapi dengan gambar yang sangat berfungsi memperjelas pembahasan yang sudah bagus sangat tepat sebagaimana isi yang dikandungnya
D. Mengungkap Misteri Otak Tengah, judul buku ini karya dr. Arman Yuri Saldi S. dengan volume 100 halaman  dilengkapi dengan gambar yangs sangat berfungsi memperjelas pembahasan yang sudah bagus sangat tepat sebagaimana isi yang dikandungnya. Akan tetapi buku ini tidak dilengkapi glosarium.  


29. Cermatilah kalimat berikut!  

Kepada semua siswa peserta lomba harap segera memasuki ke dalam ruang seleksi.


Agar kalimat tersebut efektif, kata yang dihilangkan adalah…. 
A. kepada, semua, siswa, segera, ke dalam, seleksi  
B. kepada, semua, siswa, segera, ke dalam 
C. kepada, semua, siswa, ke dalam 
D. kepada, semua, ke dalam 

30. Cermatilah penulisan kalimat berikut!

Ketika berwisata ke (1) cipanas, (2) rudi membeli (3) pisang (4) ambon.

Kata yang huruf pertamanya harus ditulis dengan huruf kapital ditandai nomor….
A. (1) dan (2)  
B. (1) dan (3) 
C. (3) dan (4) 
D. (1), (2), (3) dan (4)

Latihan Soal UN UNBK USBN Bahasa Indonesia SMP (MTS) Tahun 2019 Petunjuk: Klik pada bulatan di depan pilihan jawaban yang menurut anda benar..!!

31. Cermati kalimat berikut!

lndonesia  saat ini masih sulit bersaing dengan negara lain, [...]  berkutat pada isu kebutuhan dasar, seperti pangan.


Konjungsi untuk melengkapi kalimat tersebut yang tepat adalah ....
A. lalu 
B. dan
C. tetapi 
D. karena 


32. Cermati kalimat-kalimat berikut!
1) Rahmat sangat terampil sekali membuat laying-layang.
2) Kakak belajar membuat nasi goreng spesial dengan ibu.
3) Nanda mengikuti les piano setiap hari Sabtu.
4) Peserta didik melaksanakan kegiatan Jumat bersih.


Kalimat yang tidak efektif ditandai dengan nomor .  ..
A. (1)
B. (2) 
C. (3)
D. (4) 

33.  Petunjuk Membuat Puding Srtowberi Segar
(1) Sediakan 1 bungkus agar-agar rasa strowberi!
(2) Agar-agar dicampur dengan air, kemudian dimasak sampai mendidih.
(3)  […]
(4)  Masukkan agar-agar yang telah mendidik sedikit demi sedikit ke dalam kocokan putih telur yang telah kaku sampai habis sambil diaduk rata.
(5)  Ambil cetakan ukuran garis tengah 24cm tebal 3cm.
(6) […]
(7) Setelah dingin dikeluarkan dari cetakan, hiasi dengan strowberi segar dan siap dihidangkan.

Bagian rumpang pada petunjuk tersebut dapat dilengkapi dengan kalimat...
A. (3) Cetak agar-agar dalam cetakan tadi lalu dinginkan.(6) Masukkan ke lemari pendingin sampai mengeras
B. 3) Sementara itu putih telur dikocok sampai kaku. (6) Cetak agar-agar dalam cetakan tadi lalu dinginkan.
C. (3)  Sementara itu putih telur dikocok sampai kaku. (6)  Masukkan ke lemari pendingin sampai mengeras. 
D. (3) Sementara itu masukkan ke cetakan. Bungkus agar-agar dengan plastic kecil-kecil sampai habis.
  
34. Perhatikan urutan berikut!
(1) Matahari baru saja terbit disebelah timur.             
(2) Akan tetapi hal itu tidak membuat para petani menjadi malas bekerja. 
(3) Para petani mulai turun ke sawah.         
(4) Udara yang dingin seperti menusuk tubuh mereka.          
(5) Mereka sudah biasa dengan keadaan seperti itu.
Urutan yang tepat adalah . . . . 
A. (3) - (1) - (4) - (2) - (5) 
B. (3) - (1) - (2) - (5) - (4) 
C. (1) - (3) - (4) - (2) - (5) 
D. (1) - (4) - (3) - (2) - (5) 

35.  Cermati kutipan teks berikut!

(1) Hutan Kota Srengseng mudah dikunjungi dengan menggunakan transportasi umum. (2) Hutan tersebut berda sekitar 300 meter dari Halte Trasjakarta Jalan Panjang. (3) Setiap libur adik bermain di hutan kota.  (4) Sedangkan dari jalur sebaliknya tersedia  angkutan kota nomor  24 dan bus Kopaja jurusan BIok M-Meruya.

Ketidakpaduan paragraf tersebut ditandai dengan nomor..... 
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)


Latihan Soal UN UNBK USBN Bahasa Indonesia SMP (MTS) Tahun 2019 Petunjuk: Klik pada bulatan di depan pilihan jawaban yang menurut anda benar..!!



36. Rio tetap berangkat  sekolah . . . hujan deras. 
A. jika
B. meskipun
C. kalau
D. agar

37. Cermati kalimat berikut!

Pengunjung tidak ditarik biaya tambahan  untuk berfoto dan memasuki area ini, hanya saja harus [...] agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.


Kata ulang yang tepat untuk melengkapikalimat tersebut adalah ....
A. berhati-hati 
B. hati-hatinya
C. sehati-sehati
D. berhati-berhati 


38. Cermati kalimat berikut!

Air terjun ini bersifat air terjun musiman karena hanya mengalir ketika area setempat diguyur hujan dalam seleksi tinggi.


Perbaikan kata seleksi yang tepat pada kalimat tersebut adalah ....
A. selektif
B. intensitas
C.  komunitas
D. sepintas


39. Cermati kalimat berikut!

Pemandangan di Pantai Semawang hampir sama dengan kawasan pantai di wilayah Sanur lainnya, di mana pantainya landai berpasir putih dengan ombak yang tenang.

Perbaikan kalimat tersebut supaya menjadi kalimat efektif adalah dengan menghilangkan kata . . ..
A. pantai 
B. dengan
C. kawasan
D. di mana


40.    Adikku tahun ini belum bersekolah.
Adikku sudah bisa menulis.

Gabungan kedua kalimat di atas yang tepat adalah . . . . 
A. Adikku tahun ini belum bersekolah karena ia sudah bisa menulis.
B.  Adikku tahun ini belum bersekolah seandainya ia sudah bisa menulis.  
C. Adikku tahun ini belum bersekolah tetapi ia sudah bisa menulis.
D. Adikku tahun ini belum bersekolah ketika ia sudah bisa menulis.

Latihan Soal UN UNBK USBN Bahasa Indonesia SMP (MTS) Tahun 2019 Petunjuk: Klik pada bulatan di depan pilihan jawaban yang menurut anda benar..!!

41. Perhatikan !

Kartini Award adalah kegiatan tahunan organisasi yang dibentuk sejak saat pada tahun1995, bagi para wanita yang telah melakukan hal-hal inspiratif dalam kehidupannya.

Alasan ketidakefektifan kalimat tersebut adalah . ... 
A. tidak sesuai kaidah, gunakan pilihan kata dengan kaidah bahasa lndonesia
B. pemborosan kata, kata sejak dan saat maknanya sama 
C. kata hal-hal tidak diperlukan karena membuat rancu kalimat tersebut
D. kata dalam tidak diperlukan sehingga dapat dihilangkan  

42.  Cermati teks berikut!

(1) Dua langkah penting untuk memastikan daya baca siswa jadi lebih baik.
(2) Pertaffia, merancang gerakan satu semester satu novel sebagai langkah awal pentradisian membaca.
(3) Menulis merupakan keterampilan berbahasa.
(4) Kedua, penciptaan model membaca produktif melalui peragaman teks bacaan untuk beragam jenis teks dan pengenalan teks-teks bacaan yang multimedia.



Alasan ketidakpaduan paragraf tersebut adalah karena kalimat nomor ....


A.  (1) tidak berkaitan dengan kalimat (2), (3), (4). 
B.  (2) tidak berkaitan dengan kalimat (1), (3), (4). 
C.  (3) tidak berkaitan dengan kalimat (1), (2), (4).
D.  (4) tidak berkaitan dengan kalimat (1), (2), (3). 

43. Cermati kalimat berikut! 

Kebun Raya Indrokilo  terletak di kampung Gunungsari, Kelurahan Kemiri, Kecamatan Mojosongo, Boyolali, Jawa Tengah.


Kesalahan penggunaan ejaan pada kalimat tersebut adalah ...
A. kata kampung seharusnya Kampung 
B. kata Kelurahan seharusnya kelurahan 
C. kata Mojosongo seharusnya Mojo Songo
D. kata Kecamatan seharusnya kecamatan 


44. Cermati kalimat berikut!

"Sudahlah Cici, kami memaafkanmu?" kata Pusi dengan bijak.

Kesalahan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah ...
A. tanda koma (,)
B. tanda titik (.)
C. tanda tanya (?)
D. tanda petik (“...”)

45. Cermatilah kalimat berikut!

Hari ini aku membawa dua buku mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.


Penggunaan tanda baca yang tepat pada kalimat  tersebut adalah ….
A. Hari ini aku membawa dua buku mata pelajaran, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.
B. Hari ini aku membawa dua buku mata pelajaran: Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.  
C. Hari ini aku membawa dua buku mata pelajaran Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.  
D. Hari ini aku membawa dua buku mata pelajaran; Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.



Latihan Soal UN UNBK USBN Bahasa Indonesia SMP (MTS) Tahun 2019 Petunjuk: Klik pada bulatan di depan pilihan jawaban yang menurut anda benar..!!



46. Cermati kalimat-kalimat berikut!

(1) Ayah membeli obat di Apotik Berkah.
(2) Kakak membaca Majalah Kartini.
(3) Adik sangat menyukai kue bika Ambon.
(4) Olahraga jalan kaki sangat bermanfaat.


Penggunaan ejaan yang tepat pada kalimat tersebut ditandai dengan nomor ...
A. (1) 
B. (2)  
C. (3)
D. (4)

47. Cermati kalimat berikut!
  
Biar Ayah yang menjelaskan Bu ujar Pak Amir sambil menutup pintu.

Penggunaan tanda baca yang tepat pada kalimat tersebut adalah ...
A. "Biar Ayah yang menjelaskan, Bu,” ujar Pak Amir sambil menutup pintu.
B. "Biar Ayah yang menjelaskan, Bu?" ujar Pak Amir sambil menutup pintu.
C. "Biar Ayah yang menjelaskan, Bu ujar Pak Amir sambil menutup pintu.”
D. "Biar Ayah yang menjelaskan, Bu ujar Pak Amir sambil menutup pintu!"


48. Cermati kalimat berikut!

Dari rekahan tanah itulah air bercampur lumpur itu keluar kata AKP Sargiyata

Perbaikan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut yang tepat adalah ...
A. "Dari rekahan tanah itulah, air bercampur Iumpur itu keluar kata AKP Sargiyata.”
B. "Dari rekahan tanah itulah, air bercampur Iumpur itu keluar kata AKP Sargiyata."
C. "Dari rekahan tanah itulah air bercampur lumpur itu keluar", kata AKP Sargiyata.
D. "Dari rekahan tanah itulah, air bercampur lumpur itu keluar,” kata AKP Sargiyata.


49. …. Uang itu tidak dijajankan semua. Ia menyisihkan sebagian untuk ditabung. Kadang-kadang  uang  jajan  itu  ia  tabung  semuanya.  Meskipun  sedikit,  lama-lama tabungannya menjadi banyak.

Kalimat yang sesuai untuk melengkapi awal paragraf di atas adalah ... 

A. Kita harus membiasakan diri menabung. 
B. Di sekolah Nadia hanya jajan Rp 500,00 saja. 
C. Menabung banyak manfaat untuk kita. 
D. Setiap hari Nadia diberi uang jajan Rp 1.000,00 oleh Ibunya.



50. …. Cocok digunakan untuk berekreasi. Udara di sana terasa sejuk. Jalan di pegunungan berliku-liku, agar kendaraan lebih mudah berjalan. Banyak pohon cemara di kanan dan kiri jalan, menambah indahnya daerah pegunungan.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ….
A. Kemarin aku ke gunung.
B. Di pegunungan banyak pohon-pohon.
C. Daerah pegunungan memang sangat indah. 
D. Keluargaku senang bertamasya ke daerah pegunungan.


PENASARAN MAU COBA LAGI (DISINI)


MAU MENCOBA MATA PELAJARAN LAINNYA
·     UNTUK LATIHAN ONLINE SOAL UN (UNBK) IPA SMP TAHUN 2019 VERSI 1 (BACA DISINI)
·     UNTUK LATIHAN ONLINE SOAL UN (UNBK) IPA SMP TAHUN 2019 VERSI 2 (BACA DISINI)
·            UNTUK LATIHAN ONLINE SOAL UN (UNBK) MATEMATIKA SMP TAHUN 2019 VERSI 1 (BACA DISINI)
·            UNTUK LATIHAN ONLINE SOAL UN (UNBK) MATEMATIKA SMP TAHUN 2019 VERSI 2 (BACA DISINI)
·      UNTUK LATIHAN ONLINE SOAL UN (UNBK) BAHASA INGGRIS SMP TAHUN 2019 VERSI 1 (BACA DISINI)
·      UNTUK LATIHAN ONLINE SOAL UN (UNBK) BAHASA INGGRIS SMP TAHUN 2019 VERSI 2 (BACA DISINI)
·            UNTUK LATIHAN ONLINE SOAL UN (UNBK) BAHASA INDONESIA SMP TAHUN 2019 VERSI 1 (BACA DISINI)


Demikian contoh sederhana latihan online Soal UN UNBK USBN Bahasa Indonesia SMP MTS Tahun 2019. Terima Kasih Semoga bermanfaat. 
=====================================




= Baca Juga =




Sumber https://ainamulyana.blogspot.com/

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "LATIHAN ONLINE SOAL UN UNBK USBN BAHASA INDONESIA SMP MTS TAHUN 2019 (VERSI 2)"

Posting Komentar